Tuesday 7 November 2017

PENGALAMAN TES OSC 2016 TAHAP 2

Yeayyyy...

Puji Tuhan...
Akhirnya bisa lolos dari Tahap 1
urutan yang ke 22.
hehehe....

dari setiap universitas di ambil 150 Peserta yang berhasil lolos dari Tes Online Tahap 1.


nah.. setelah lulus tes online, tahap kedua di ambil 100 orang dari 150 yang akan menyisakan 50 terbaik yang akan ke jakarta...

wow....
banyak juga yang bakal di sisihkan dalam tahap ini.

nah, untuk seleksi tahap 2, dilakukan seleksi berkas. jadi setelah lulus tahap 2, kamu harus menyiapkan berkas ini dan mengupload ke email yang di tuju. berkas yang harus kamu siapkan diantaranya :

  • Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm
  • Surat keterangan sekolah / legalisir ijazah(untuk lulusan 2016)
  • Scan hasil UN SMP
  • Scan Raport kelas 10 & 11 SMA/SMK Sederajat
  • Scan Kartu identitas dan kartu keluarga
  • Scan surat keterangan kelakukan baik dari kepolisian
  • Scan surat keterangan bebas narkoba
  • Scan surat keterangan bebas buta warna (Khusus untuk Prodi : Teknik Elektro, Design Interior, dan Sejenisnya)
  • Scan sertifikat / piagam penghargaan yang dimiliki
  • Melengkapi form peserta OSC yang dapat diunduh di osc.METROTVNEWS.com
nah itu dia syarat seleksi yang harus disiapkan. yang mengejutkan pada saat itu adalah dimana penyeleksian nilai dilakukan dari nilau UN SMP. gregett gtuu yaa....

nah untuk mulai melengkapi syarat berkas aku pun beserta Lewinda & Zakharia, temanku di SMAN 8 BATAM yang lolos tahap 1 mulai merencakan persiapan untuk mengurus berkas.mulai dari mengkonversi nilai waktu kelas 10 yang menggunakan format skala 1.00 - 4.00 menjadi format skala 1 - 100. mengurus surat Surat Keterangan Kelakuan  Baik (SKKB), serta Surat Bebas Narkoba & Bebas Buta Warna.

untuk Surat Keterangan Kelakuan  Baik (SKKB) kamu bisa mengurusnya di kapolres terdekat di kotamu. kemarin kami mengurus nya di kapolresta Barelang.

syarat untuk mengurus SKKB pada waktu itu :
  •  Fotocopy KTP/identitas lain boleh menggunakan kartu pelajar (2 lembar)
  • Fotocopy Akte Lahir (2 lembar)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (2 lembar)
  • Pasphoto 4x6 Background Merah (6 lembar)
  • Map Merah (2 lembar)
itu berdasarkan dari persyaratan dari Polresta Barelang, Batam bisa jadi polres lain berbeda syarat nya. di sarankan kalo mau ngurus SKKB 1 hari sebelum pengurusan, main ke polresta nya aj. biar cari tau tata cara dan persyaratannya.

Nah setelah mengurus SKKB kami pun melanjutkan pengurusan dokumen kami dengan mengurus surat keterangan bebas narkoba & bebas buta warna. FYI : untuk tes bebas narkoba, bisa dilakukan di semua rumah sakit yang memiliki lab. tetapi, hanya rumah sakit kepolisian (bhayangkara) dan RSUD yang berhak mengeluarkan surat pernyataan bebas narkoba.

setelah kami cari informasi dari rumah sakit daerah & kepolisian, akhirnya kami memutuskan untuk memeriksa di rumah sakit bhayangkara. kalo di RSUD Embung Fatimah Batam, agak sedikit mahal,sekitar 450 an ribu.

setelah siang mengurus SKKB, kami sore nya langsung ke rumah sakit bhayangkara. rumah sakit ini buka 24 Jam. kami pun langsung mengambil no urut dan masuk dalam proses pemeriksaan.

dalam pemeriksaan, kamu akan di kasih wadah sampel, dan di kamu diminta untuk mengisi air seni terbaru ke dalam wadah sampel tersebut. lalu akan di periksa oleh petugas Lab.

kita pun di persilahkan menunggu di lobby untuk hasil tes langsung. waktu itu kami nunggu sekitar 45 Menit. sambil menunggu, kami pun mengikuti tes buta warna.tes buta warna yang diberikan, menggunakan metode buku.

selama tes buta warna, kami di temani oleh petugas untuk di tunjukkan beberapa pola huruf yang di warnai dengan beberapa warna.

setelah selesai tes, hasil tes narkoba kami pun keluar, dan hasilnya semua NEGATIF dari narkoba.

setelah selesai tes kami pun melanjutkan scan hasil beberapa dokumen yang sudah kami urus, untuk di upload keesokkan harinya bersama dengan rapot yang sedang di perbaiki.

keesokkan harinya, rapot kami sudah di perbaiki dan kami pun mengscan & mengirim semua persyaratan ke email yang di tetapkan oleh pelaksana.



1 comment:

  1. Halo kak, aku lastrina. Mau tanya, kolom bahasa yg dikuasai itu isinya Ya/Tidak atau Aktif/Pasif?
    Trus dikolom nilai rata² rapot itu rapot kls 12 semester 2 ya untuk lulusan 2018? Dan apakah rata²nya dari nilai pengetahuan aja? Karena rapot aku ada nilai praktik juga. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete